Kegagalan SBMPTN 2015,Lulus Ujian Mandiri dan Perjuangan SBMPTN 2016 Sambil Kuliah tanpa BIMBEL

Halo guys, 2 bulan menjelang SBMPTN 2017 nih . gimana nih persiapannya ?siap gak siap harus siap dong ya ? gak mau kan ngulang SBMPTN 2018 ? jangan sampe ngulang SBMPTN kaya aku ya !! hehehe

Sebelumnya perkenalkan aku adalah  Mahasiswa FITB ITB 2016 yang berasal dari kota kecil di ujung jawa barat . berasal dari desa di Kabupaten Cirebon bersekolah dari SD di Kabupaten dan melanjutkan SMP dan SMAN di Kota Cirebon .

Ada quote pembuka nih yang bisa jadi motivasi buat diri sendiri maupun buat kalian

“Jangan sampai motivasi terbesar dalam diri anda muncul setelah kegagalan datang”

By: Anonim

Bermula pendaftaran SNMPTN kala itu aku memilih UGM sebagai tujuanku . Bermodalkan nekat Haha , memang nilai tidak rendah dan tidak terlalu tinggi hehe.   Lalu aku memutuskan untuk memilih Teknik Geologi UGM (SNMPTN) hanya satu pilihan pada saat itu .

Tiba saat pengumuman SNMPTN 2015  dan singkat cerita ternyata aku tidak lolos SNMPTN 2015 . dalam hati kecewa tapi disisi lain aku berpikir masih ada SBMPTN dan seleksi tulis lainnya(maklum karena ketika saya kelas 12 saya fokus mengikuti program PPLS IPA di NF). Aku belajar SBMPTN 2015 kurang lebih 3 bulan intensif . mulai dari belajar mandiri , Bareng temen di NF seakan menjadi rutinitas harianku HAHAHA . history TO ku bisa dibilang bervariasi mulai dari skala passing grade 20% bahkan mencapai 65% pun pernah , makanya aku gak terlalu memperdulikan SNMPTN seakan itu undian yang dikocok dan yang mendapat SNMPTN itulah yang beruntung . pikirku saat itu.

Singkat cerita H-1 menjelang Ujian . seperti  peserta yang lainnya , Aku mengecek ruangan test . Setelah selesai mengecek akhirnya aku pun pulang.  Sesampainya di rumah aku review materi , soal-soal latihan dll.  Keesokan harinya aku pun masih berkutat dengan soal-soal yang ku kerjakan kemarin(jangan ditiru pake banget ya !! :D).  Kala itu kondisi badanku kurang Fit.  Mungkin efek semalam belajar di waktu yang mepet 😀  .

9 juni 2015 hari-H

Dengan kondisi badan yang tidak fit (kurang sehat),sebelum menuju ke tempat test aku harus mengantarkan adikku ke sekolah kira-kira sampai 06.45 WIB(disarankan datang lebih awal lho ya ) ,langsung saja aku berangkat ke lokasi ujian . Test di mulai , sesi pertama,entah mengapa saat test itu berbeda dengan biasanya . mengerjakan soal pun tidak seleluasa seperti biasanya .  Soal matematika yang pertama aku kerjakan dan ..   Aku banyak Stuck di beberapa soal dan itu sangat menghabiskan waktu ku.

Saran aku mah , temen-temen yang mau coba SBMPTN 2017 dan seterusnya kalian harus pake banget bin wajib kerjain soal yang gampang di awal test ,kenapa ?karena kalo kalian ngerjain soal yang kalian bisa di awal itu membuat kalian percaya diri dan gak takut atau ragu buat jawab soal . hehe .  Di sesi kedua , urutan soalnya tidak seperti biasanya.  Tahun ini mulai dari TPA , Matematika, B indo , B inggris.  Seperti biasa , aku mengerjakan matematika dahulu . setelah itu TPA . mungkin keenakan mengerjakan soal aku  tak sadar kalo waktu sisa 20 menit., Sedangkan aku belum mengerjakan  B ing dan B indo . Akhirnya aku mengerjakan B indo dan B ing dengan terburu-buru . 15menit kuhabiskan untuk mengerjakan B indo . terbersit dipikiran ku saat itu adalah tidak mungkin aku lulus SBMPTN 2015 kalau cara pengerjaannya seperti tadi .Tiba-tiba pengawas mengingatkan kalau waktu sisa 10 menit dan anehnya lagi Panitia mengumumkan di speaker kalau waktu tersisa 5 menit.  Aku makin kalap mengerjakan b ing . dan hasilnya pun tidak sesuai yang diharapkan . Selesai test dibenakku hanya tersimpan penyesalan . “Persiapan yang sudah ku persiapkan kurang lebih 3 bulan sia-sia ” Celotehku saat itu .

Keluar lokasi test aku menunduk dan sedih dengan jerih payahku selama ini . persiapan yang cukup lama , sedangkan eksekusi di hari H terlalu buruk ? itu terlalu disesalkan dan tidak berguna . ohiya ini pilihan ku di SBMPTN 2015

Sbmptn 2015

14 juni 2015 Pelaksanaan UM UGM 2015

Hari demi hari ku lalui begitu saja , tiba saatnya pengumuman Sbmptn . sebenarnya aku tidak menunggu nunggu HAHAHA karena aku tau hasilnya akan gagal ternyata benar . “Gagal”.  Esoknya masih ada UM UGM . Aku dan teman2ku berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti Test . Singkat cerita aku ditempatkan test UM UGM di T Sipil UGM.  Hari itu aku berangkat bersama temanku jalan kaki. kami berangkat dengan rasa semangat hehe.  Sesampainya di ruang test aku menyempatkan membaca Al-Quran agar pikiranku tenang setelah itu aku pun mengerjakan Soal dengan semangat.  Durasinya dari jam 07:30-13:30 huh , melelahkan sekali . Aku optimis kala itu akan lolos Teknik kimia UGM .  80-90% kira-kira soal yang ku kerjakan . Tiba saat pengumuman aku pun mengeceknya di web UGM dan hasilnya ……..”Maaf Anda Gagal”  mungkin efek dari lebaran -_- PTN pada minta maaf 😦 Efek dari pengerjaan yang kurang teliti dan terburu-buru , aku pikir soal UM UGM mudah sehingga peserta yang lain juga punya pikiran yang sama dengan ku kalo soal ini mudah hahaha jadi mereka menjawab soal sebanyak-banyaknya deh ,Tersisa 2 kali lagi kesempatanku mengikuti Seleksi yaitu UM Undip dan UM Brawijaya malang .

 

26 Juli 2015

Aku berangkat dari cirebon ke semarang bersama-sama temanku naik mobil orang tuanya ,Alhamdulillahnya gratis tis tanpa bayar hehehe. Pilihanku 1.Teknik Kimia dan 2.Kimia karena aku suka hal-hal yang berhubungan dengan Kimia dan fisika maka aku putuskan pilih itu.

28 July 2015

Hanya selang 2 hari aku harus mengikuti UM Brawijaya . malamnya setelah UM undip aku berangkat ke Stasiun Semarang Tawang dengan diantar Mas Suryo Tetuko(Dia adalah teman kakakku sewaktu SMA)  Akhirnya aku berangkat dari semarang ke Malang malam itu dan sampai di Malang pagi hari nya(Stasiun Malang) Aku dan 2 orang temanku sampai di malang .Esoknya aku mengerjakan UM Brawijaya Pilihanku 1. Teknik informatika 2.Teknologi Pangan.

1 Agustus 2015

Paginya aku buka pengumuman Brawijaya dan hasilnya …   Taraaaaa aku diterima di pilihan pertama yaitu Teknik informatika brawijaya.  Ada rasa senang dan juga tidak . senang karena diterima dan tidak senang karena Biaya Pendidikan jalur UM UB yang tidak sedikit alias mahal HAHAHA jadi berpikir ulang deh .

5-6 Agustus 2015

Tiba pada pengumuman Undip,padahal pengumuman sudah dipublikasikan malam harinya , tapi aku memutuskan membukanya pagi harinya sempat tidak bisa membukanya karena Server down. Menunggu beberapa jam . tepatnya jam 08:00 WIB aku memberanikan membuka pengumuman dan hasilnya ……..”Selamat anda diterima di Universitas Diponegoro..”sebelumnya gak pernah kebayang bisa kuliah di UNDIP karena gak pernah terlintas sedikit pun mau kuliah di UNDIP .  Kyaaaaaa.  Walaupun diterima di pilihan kedua “Kimia” aku tetap bersyukur kepada Allah.

 

6 Agustus 2015

Saatnya aku memilih pilihan antara Teknik informatika Univ Brawijaya Malang dan Kimia Univ Diponegoro Semarang.  Aku pertimbangkan dari segi Biaya , Jarak, passionku akhirnya aku Memilih ” Kimia Univ Diponegoro”

Intinya , dalam hidup banyak rencana yang kita rencanakan , tapi Allah lebih mengetahui Hal yang baik dan tidak baik untuk kita . Kamu menyukai sesuatu hal tapi belum tentu itu baik untukmu .

 

1.SNMPTN  2015 (gagal)

2.SBMPTN 2015(gagal)

3.UM UGM 2015(gagal)

4.UM Undip 2015(Lolos)

5.UM Brawijaya 2015(lolos)

Hasilnya 3x gagal dan 2x lolos .

Teruslah berusaha dan berdoa karena Allah akan melihat Usaha dan doa kita. Semoga sukses dan berguna bagi orang lain . Aamiin

Btw ,itu pengalaman sbmptn aku 2015 ya .nah sekarang aku mau jelasin nih perjuangan SBMPTN 2016.

Bermula dari statusku saat itu menjadi seorang mahasiswa di universitas negeri di Kota Semarang menjadi hal yang tidak mudah , aku resmi menjadi mahasiswa disana pada akhir agustus disambut dengan pembukaan penerimaan mahasiswa baru dengan suka cita ala mahasiswa baru yang baru merasakan euforia sebagai mahasiswa baru “sebelum ditimpa badai tugas , jurnal praktikum , kuliah pagi dan tugas-tugas lainnya yang siap menyambut “ kala itu tidak ada rasa menyesal , alhamdulillah bisa kuliah pada tahun 2015 alias tanpa gapyear hehe .

Setelah pembukaan penerimaan mahasiswa baru tentunya ada penutupan penerimaan mahasiswa baru , wah disitu aku nemu temen-temen baru di sana akhirnya kita yang belum kenal satu sama lain disatukan dengan foto-foto selfie eh wefie ding kalo banyakan :v .

Ya namanya juga Maba pasti euforia nya beda kali yaa .

Buat kalian semua yang penasaran atau mau tanya-tanya seputar SBMPTN atau tanya perjuangan SBMPTN sambil kuliah bisa langsung komentar dibawah ya!!

Perjuangan SBMPTN 2016 berlanjut di post selanjutnya ya :))

Advertisements

11 thoughts on “Kegagalan SBMPTN 2015,Lulus Ujian Mandiri dan Perjuangan SBMPTN 2016 Sambil Kuliah tanpa BIMBEL

  1. Hmm kak kita senasib asli, menjalani kuliah karena dapet ujian mandiri.. Dan sekarang aku ada di posisi kakak waktu itu. Prepare sbm sambil kuliah. Kak aku minta tipsnya aja deh gimana menegement timenya buat kuliah sekaligus belajar sbm.. belum lagi tugas2 menanti.. Kan mau ga mau sbm jadi prioritas yaa jadi kuliah emang rada dikorbanin..

    Like

    1. Persiapan sbmptn saya waktu itu dimulai dari september 2015 pas banget baru awal-awal jadi MABA tuh hehe 😀 trus trus pertengahan agustus saya order buku wangsit sbmptn deh . target saya mah TKPA(matematika dasar , b ing , TPA, b indonesia) diselesain dulu sampe desember . fokusin aja , trus kalo matematika, fisika, kimia kan di kuliah juga dapet 🙂 dateng kuliah aja yang rajin dengerin dosen , selebihnya tinggal ngulang-ngulang aja deh .

      mulai pertengahan januari fokus ke Fisika, mat ipa , kimia ,biologi(biologi belajar sebulan menjelang sbmptn aja), pelajari bab bab tertentu aja de , jangan dikerjain semua . misalkan Fisika bab kinematika , kalor , getaran dan gelombang , fisika modern , kimia stoikiometri ,larutan, atom dan sistem tabel periodik . mat ipa kemarin saya cuma belajar limit deret aja 😀 wkwk dan bener semua 2 nomor . biologi pelajari bab tumbuhan,sel,genetika, bioteknologi .

      biasanya belajarnya setelah pulang kuliah atau kalo ga belajarnya pagi pagi jam 3 hehe .

      targetin aja 1 minggu harus selesain fisika 3 bab , kimia 2 bab , mat ipa 1 bab . nah kira-kira gitu de .belajarnya dicicil aja ya . yang penting istiqomah aja ya . salam sukses yaa

      Like

      1. Hmm iya kak makasih banyak jawabannya 🙂 aduh aku tuh jadi ngerasa telat tau kak mulainya.. Beli buku wangsit juga baru akhir januari trus nyampenya tengah februari kemaren coba :(( gimana ga deg2an atuhh.. Aku start belajar sbm dari desember soalnya Bulan2 sebelumnya agenda aku padet gara2 ada event nasional di jurusan dan aku jadi panitianya hm.. Eh kak btw jurusan aku skrg bukan berbau sains euy tp bahasa.. Jauh banget kan yaa.. Tp aku selalu bawa wangsit di kelas dan sering nyuri2 waktu buat ngerjain soal di tengah2 kuliah hahah ya walau temen2 aku pada beda2 sikapnya.. Ada yg cuek, ada yg ngeliatin sinis, ada yg support dan care wkwk yaampun jadi curcol deh 😦 maklumin ya kak 😦

        Like

      2. Woles hahaha . Kakak juga gitu dulu mah kemana-mana bawa soal sbmptn trus dikerjain deh ya. Di kelas, di masjid, di kampus, di Cafe etc. Cari temen yang support buat maju ke depan aja, hirauin yang berusaha ngeremehin tekad kamu. Itu semua akan kalah kalo tekad mu untuk berjuang besar, masalah remeh menjadi kecil :)) #wkwk bijak banget gue

        Like

  2. menginspirasi bgt kak, aku Alumni 2016 dan gagal SBMPT’16 dan mau ikut di 2017 , aku juga tahun ini mau Teknik Geologi Unpad Pil 2 dan Pil 1 FITB ITB , Btw ngerjain sbmptn’17 berapa soal ?

    Like

  3. Kak aku mau tanya, kalau ikut sbm sambil kuliah gitu kalau lagi banyak tugas gimana kak? Pembagian waktunya gimana? Hehehe makasihh

    Like

    1. Tugasnya gak terlalu banyak sih , kalau ada tugas atau laporan praktikum mah dicicil aja dikerjainnya . diatur porsinya , misalkan buat ngerjain tugas kuliah dari jam 20.00 sampai jam 22.00 , belajar sbmptn bisa setelah jam kuliah atau di sela-sela waktu kuliah bisa belajar sbmptn , tapi saya saranin belajar sbmptn pas bangun tidur atau setelah sholat shubuh , kalo mau lebih enak mah belajarnya mulai jam 3 pagi supaya tenang , kalo bisa mah sholat malam dulu baru belajar . Nah gitu deh singkatnya .

      Like

      1. Nah kebetulan saya juga alhamdulillah tahun ini keterima kaya kakak di UNDIP, cuman jurusannya beda sih, yang gedungnya di depan gedungnya kakak dulu haha. Saya pengen ikut sbmptn tahun depan inshaaAllah minta doanya ya kak hehehe

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s