Rasanya kuliah di Teknik Geodesi ITB

Bismillah ,gue mau sharing seputar kuliah di Teknik Geodesi dan Geomatika ITB semester 3 . Pertama , gue mau sharing seputar mata kuliah nya dulu ya 1. Geodesi Geometrik 2. Penentuan posisi I 3. Komputasi Geodetik I 4. Statistika Geodesi 5. Pengantar Sistem Spasial 6. Ekspedisi Geospasial 7. Pendidikan dan Kewarganegaraan .

  1. Geodesi Geometrik

Di kuliah ini mahasiswa dikenalkan dengan prinsip geodesi secara konsep dan perhitungan matematis

Pengantar geodesi geometrik, geometri ellipsoid, datum geodetik, arah, sudut, dan jarak di permukaan
ellipsoid, hitungan geodetik, dan proyeksi peta

Mulai dari perhitungan bumi pada awalnya Eratosthenes menghitung radius bola bumi dengan cara menghitung jarak antara Alexandria hingga Syene sampai Geodesi modern yang saat ini berkembang yaitu “Modern geodesy concerns studies of the figure and gravity field of the earth as well as the associated time-variable changes” artinya geodesi modern fokus mempelajari bentuk dan medan gaya berat bumi yang berkaitan dengan variasi temporal(waktu) .
2. Penentuan Posisi I

Di kuliah ini mahasiswa dikenalkan dengan prinsip-prinsip surveying mulai dari penentuan sudut datar, sudut jurusan , penentuan titik ke titik , jarak titik 1 ke titik 2 , pengukuran sipat datar . untuk lebih detailnya :

Konsep posisi 2D dan 3D, aplikasi konsep dan metode penentuan arah/jurusan- sudut, jarak (horizontal
& vertical) serta penentuan posisi (horisontal dan vertikal).

Di mata kuliah penentuan posisi ada praktikkumnya dan praktikumnya asik karena di luar ruang kelas 😀 walaupun di luar ruang kelas kami tidak takut kepanasan karena kebagian shift pagi ditambah lagi kuliah di ITB itu adem dan sejuk . Menurut gue ilmu surveying ini menjadi fundamental banget untuk konstruksi pembangunan dan planning proyek-proyek kontruksi lainnya . Literally Gue bersyukur bisa mempelajari ilmu yang sedikit orang mempelajarinya .

3. Komputasi Geodetik I

Di Kuliah ini mahasiswa dikenalkan dengan Aljabar Linear yang penuh dengan matriks 😀

Sistem Persamaan Linier, Matriks dan Ruang Vektor, SPL Homogen, Inverse Matriks, Metode Numerik
Penyelesaian SPL dan Inversi matriks, Linierisasi, studi kasus.

Awalnya gue kira matkul ini penuh dengan pemrograman , eh setelah kuliah ternyata banyak matriks dan matriksnya bukan matrik 3×3 kayak jaman SMA :v alias matriksnya lebih dari 3×3 mostly :v tapi tenang kok ,bisa pake kalkulator 😀 enaknya di T.Geodesi sedikit hafalan , jadi kita dituntut paham proses dan perhitungan kasus geodesi menggunakan aplikasi dari materi komputasi geodetik sebagai bekal untuk numerical methods . Jadi, komputasi geodesi sebagai dasar atau prasyarat untuk menyelesaikan masalah di geodesi dengan menggunakan pemrograman hehe .
4. Statistika Geodesi

Di kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan statistika untuk menyelesaikan permasalahan di geodesi .

Pengantar statistika (idealisasi, simplifikasi), karakteristik data, statistika deskriptif dan inferensial, teori
peluang dan sebaran data, Estimasi (rata-rata, standar deviasi, variansi, pencilan, median, modus, rentang),
uji statistik dan aplikasi statistika

di statistika geodesi mahasiswa dituntut untuk mengerti statistika untuk memudahkan mahasiswa menyelesaikan hasil data-data dari pengamatan geodesi .

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan dan menganalisis statistika dalam bidang geodesi dan geomatika

5. Ekspedisi Geospasial

Di kuliah ini mahasiswa dikenalkan dengan praktik lapangan secara langsung dan bagaimana cara survive di lapangan dan program survival lainnya . Kuliah ini menyenangkan bagi gue karena ada latihan fisiknya perminggu ada 1-2 kali dan kuliahnya pun menarik karena membahas tentang gimana caranya hidup di alam terbuka sebagai bekal nantinya sebagai Surveyor .

Dan di kuliah ini yang paling menarik dan asik bagi gue adalah ketika kita satu angkatan Teknik Geodesi dan Geomatika melakukan kuliah lapangan Ekspedisi Geospasial di Ranca Upas , Ciwidey selama 2-3 hari kami melakukan kemah di tengah hutan dan melakukan orienteering dan survival di tengah hutan . Masak-masak bersama ,berjalan bersama , bernyanyi bersama . Pokoknya nanti akan dibagi kelompok secara beregu kurang lebih 5 orang . Tenang kok , tidurnya dipisah antara laki-laki dan perempuannya . So, untuk istirahat Insya Allah aman kok .

6. Pancasila dan Kewarganegaraan

Di mata kuliah ini mahasiswa dikenalkan dengan Pancasila sebagai dasar negara dan aplikasi dari pancasila di kehidupan bernegara dan hubungannya dengan profesi yang kita pelajari dan di akhir kuliah kita akan diajarkan bagaimana pengaruh jurusan atau profesi kita kepada masyarakat dan bagaimana kontribusi dari profesi kita terhadap masyarakat . Harapannya profesi kita bisa memberikan kontribusi terhadap masyarakat , khususnya gue sebagai calon Insinyur Geodesi harapannya bisa memberikan sumbangsih terhadap Infrastruktur di Indonesia dan bidang geospasial khususnya termasuk pemetaan daerah dan regional planning .

7. Pengantar Sistem Spasial
Di kuliah ini mahasiswa dikenalkan dengan sistem dan spasial yang berkaitan dengan keruangan .

Sistem, pemodelan sistem, sistem ruang, dan identifikasi dan penyelesaian masalah keruangan
Advertisements

4 thoughts on “Rasanya kuliah di Teknik Geodesi ITB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s